top of page
  • Writer's pictureDessy Yannie

Makanan & Nutrisi

Makanan & Nutrisi



Ikhtisar Makanan & Nutrisi

Manajemen asupan makanan dan nutrisi yang efektif adalah kunci untuk kesehatan yang baik. Pilihan nutrisi dan makanan yang cerdas dapat membantu mencegah penyakit. Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu tubuh Anda mengatasi penyakit dengan lebih sukses. Memahami nutrisi yang baik dan memperhatikan apa yang Anda makan dapat membantu Anda mempertahankan atau meningkatkan kesehatan Anda.


Apa Gizi Yang Baik?



Makanan dan nutrisi adalah cara kita mendapatkan bahan bakar, menyediakan energi untuk tubuh kita. Kita perlu mengganti nutrisi dalam tubuh kita dengan pasokan baru setiap hari. Air merupakan komponen nutrisi yang penting. Lemak, protein, dan karbohidrat semuanya dibutuhkan. Mempertahankan vitamin dan mineral utama juga penting untuk menjaga kesehatan. Untuk wanita hamil dan orang dewasa di atas 50, vitamin seperti vitamin D dan mineral seperti kalsium dan zat besi penting untuk dipertimbangkan ketika memilih makanan untuk dimakan, serta kemungkinan suplemen makanan.


Pola makan yang sehat mencakup banyak makanan alami. Sebagian besar dari diet sehat harus terdiri dari buah-buahan dan sayuran, terutama yang berwarna merah, oranye, atau hijau tua. Biji-bijian utuh, seperti gandum dan beras merah, juga harus berperan dalam diet Anda. Untuk orang dewasa, produk susu harus non-lemak atau rendah lemak. Protein dapat terdiri dari daging tanpa lemak dan unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan produk kedelai seperti tahu, serta biji dan kacang tawar.


Dapatkan informasi judi online GRATIS


Nutrisi yang baik juga mencakup menghindari jenis makanan tertentu. Sodium banyak digunakan dalam makanan olahan dan berbahaya bagi orang dengan tekanan darah tinggi. USDA menyarankan orang dewasa untuk mengonsumsi kurang dari 300 miligram (mg) kolesterol per hari (ditemukan dalam daging dan produk susu berlemak, antara lain). Makanan yang digoreng, lemak padat, dan lemak trans yang ditemukan dalam margarin dan makanan olahan dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Biji-bijian olahan (tepung putih, nasi putih) dan gula rafinasi (gula meja, sirup jagung fruktosa tinggi) juga buruk untuk kesehatan jangka panjang, terutama pada penderita diabetes. Alkohol dapat berbahaya bagi kesehatan dalam jumlah lebih dari satu porsi per hari untuk seorang wanita dan dua per hari untuk seorang pria.


Ada banyak pedoman gratis berkualitas tinggi yang tersedia untuk rencana makan sehat yang memberikan lebih banyak rincian tentang ukuran porsi, total konsumsi kalori, apa yang harus dimakan lebih banyak, dan apa yang harus dimakan lebih sedikit untuk menjadi sehat dan tetap seperti itu.


Kekurangan Gizi



Bahkan jika Anda cukup makan, jika Anda tidak makan makanan seimbang, Anda mungkin masih berisiko kekurangan gizi tertentu. Juga, Anda mungkin mengalami kekurangan nutrisi karena kondisi kesehatan atau kehidupan tertentu, seperti kehamilan, atau obat-obatan tertentu yang mungkin Anda gunakan, seperti obat tekanan darah tinggi. Orang-orang yang memiliki penyakit usus atau bagian usus yang diangkat karena penyakit atau operasi penurunan berat badan juga mungkin berisiko kekurangan vitamin. Pecandu alkohol juga berisiko tinggi mengalami kekurangan gizi.


Salah satu defisiensi nutrisi yang paling umum adalah anemia defisiensi besi. Sel-sel darah Anda membutuhkan zat besi untuk memasok tubuh Anda dengan oksigen, dan jika Anda tidak memiliki cukup zat besi, darah Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Kekurangan nutrisi lain yang dapat mempengaruhi sel-sel darah Anda termasuk rendahnya tingkat vitamin B12, folat, atau vitamin C.


Kekurangan vitamin D dapat memengaruhi kesehatan tulang Anda, sehingga menyulitkan Anda untuk menyerap dan menggunakan kalsium (mineral lain yang mungkin tidak cukup untuk Anda). Meskipun Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari, banyak orang yang khawatir tentang kanker kulit mungkin berakhir dengan kadar vitamin D yang rendah dengan tidak mendapatkan cukup sinar matahari.


Kekurangan nutrisi lainnya termasuk:


  • beri-beri: kadar vitamin B1 yang rendah (ditemukan dalam sekam sereal)

  • ariboflavinosis: kadar vitamin B2 yang rendah

  • pellagra: kadar vitamin B3 yang rendah

  • paraesthesia: kadar vitamin B5 rendah yang mengarah ke perasaan “pin and needles”

  • defisiensi biotin: kadar vitamin B7 yang rendah, yang umum terjadi pada kehamilan

  • hipokobalaminemia: kadar B12 yang rendah

  • rabun senja: rendahnya tingkat vitamin A

  • scurvy: tingkat vitamin C yang rendah

  • rakhitis: kekurangan vitamin D dan / atau kalsium yang parah

  • defisiensi vitamin K

  • Kekurangan magnesium: terjadi dengan obat-obatan tertentu dan masalah medis

  • defisiensi kalium: terjadi dengan obat-obatan tertentu dan masalah medis

  • Makan makanan yang seimbang dapat membantu mencegah kondisi ini. Suplemen vitamin mungkin diperlukan untuk orang-orang tertentu, seperti ibu hamil atau menyusui dan orang-orang dengan kondisi usus.


Penyakit dan Kondisi yang Dipengaruhi oleh Nutrisi

Banyak kondisi kesehatan disebabkan dan / atau dipengaruhi oleh makanan dan gizi. Beberapa langsung disebabkan oleh makanan, seperti "keracunan makanan" atau infeksi bakteri dari makanan yang terkontaminasi. Beberapa orang dapat memiliki alergi parah terhadap makanan seperti kacang tanah, kerang, atau gandum (penyakit celiac). Penyakit gastrointestinal — seperti sindrom iritasi usus, kolitis ulserativa, dan penyakit refluks gastroesofageal (GERD) — juga secara langsung dipengaruhi oleh konsumsi makanan.


Untuk penyakit dan kondisi lain, jenis atau jumlah makanan dapat memengaruhi perkembangan penyakit. Diabetes mellitus, misalnya, yang mengakibatkan ketidakmampuan tubuh untuk mengatur gula darah, secara drastis dipengaruhi oleh jenis dan jumlah makanan yang dimakan. Asupan karbohidrat harus dimonitor dengan hati-hati jika Anda menderita diabetes, atau gula darah dapat naik ke tingkat yang berbahaya. Kondisi lain yang dipengaruhi oleh makanan dan gizi termasuk:


  • hipertensi: Asupan garam mempengaruhi tekanan darah.

  • penyakit jantung / kolesterol tinggi: Makanan berlemak dan minyak terhidrogenasi parsial dapat membuat plak di arteri.

  • osteoporosis: Rendah kalsium, vitamin D rendah dan kelebihan lemak dapat menyebabkan tulang rapuh.

  • kanker tertentu: Pola makan dan obesitas yang buruk dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara, usus, endometrium, kerongkongan, dan ginjal.

  • Pilihan makanan dan status gizi Anda dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan sepanjang hidup Anda.


Pertimbangan Lainnya

Untuk penyakit tertentu, memilih makan makanan tertentu dan mengonsumsi suplemen tertentu dapat membantu Anda menjaga kesehatan.


Pasien yang menjalani perawatan kanker mungkin memerlukan diet khusus untuk menjaga stamina mereka. Misalnya, makanan berkalori tinggi mungkin perlu dikonsumsi untuk menjaga energi. Mendapatkan cukup kalori dan protein dalam makanan berpotensi dapat membantu kelangsungan hidup jangka panjang.


Bagaimanapun, apa yang Anda makan dapat membantu mengurangi masalah kesehatan Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda menderita asam urat, makan buah ceri secara teratur dapat mengurangi kemungkinan serangan asam urat (Zhang, 2012Trusted Source). Bawang putih dapat menjadi obat afektif terhadap bakteri dan jamur tertentu (Ankri et al., 1999). Madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi (Bogdanov et al., 2008). Mengkonsumsi apel sebenarnya dapat mengurangi risiko kanker kolorektal (Jedrychowski et al., 2009Trusted Source). Selain itu, minum air putih yang cukup sebagai pengganti soda atau jus manis dapat membantu mengontrol berat badan, penampilan, dan ketahanan terhadap penyakit secara keseluruhan (Popkin et al., 2010).

9 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page